5 Cara Tingkatkan Kualitas Udara Di Dalam Kantor Dengan Instalasi AC Central

Suasana dalam kantor sedikit banyaknya memengaruhi mood dan konsentrasi para karyawan saat bekerja. Sebagai pemilik maupun pejabat yang berwenang, Anda juga harus memerhatikan kualitas udara di dalam kantor yang juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan para karyawan. Namun sebelum itu sebaiknya anda melakukan instalasi AC Central.

Kualitas udara dalam ruangan yang buruk dalam jangka pendek dapat menyebabkan sakit kepala, bersin-bersin, tenggorokan kering dan demam. Jika dibiarkan terjadi dalam waktu lama, hal tersebut bisa menimbulkan penyakit serius, seperti asma, kanker, bahkan hingga sakit jantung.

Karena karyawan adalah salah satu aset berharga bagi setiap perusahaan, maka sangat disarankan agar kualitas udara di dalam ruangan kantor tetap terjaga. Berikut adalah 5 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas udara di dalam kantor.

1. Letakkan keset di setiap pintu masuk

Upaya ini berfungsi untuk menghilangkan sebanyak mungkin tanah, kotoran dan debu yang menempel pada sepatu para karyawan sehingga karpet kantor tidak terlalu banyak dipenuhi kotoran. Keset kaki ini harus dibersihkan secara reguler, paling tidak diganti dua hari sekali, agar efektif menghilangkan tanah sebanyak mungkin dari sepatu.

2. Pel lantai setelah divakum

Instruksikan pada petugas kebersihan kantor untuk selalu mengepel lantai setelah selesai divakum. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang mungkin masih tertinggal.

3. Bersihkan AC, kipas angin dan karpet kantor

AC dan kipas angin memainkan peran penting bagi terciptanya suasana kantor yang sejuk dan nyaman. Namun, jangan lupa untuk membersihkannya karena kedua alat elektronik ini sangat mudah ditempeli debu yang kemudian akan tersebar lagi ke seluruh ruangan ketika dihidupkan. Bersihkan kipas angin paling tidak seminggu sekali dan cuci AC paling tidak 6 bulan sekali untuk menjaga sirkulasi udara yang baik. Selain itu, jangan lupa pula untuk cuci karpet kantor Anda karena furnitur yang satu ini bisa menyimpan banyak sekali kotoran, debu, jamur dan bakteri yang jika dipijak akan kembali memuntahkan semuanya ke udara.

4. Vakum dengan HEPA filter

Vakumlah karpet maupun lantai kantor dengan mesin vakum yang memiliki fitur HEPA filter. Hal ini karena sistem penyaringannya mampu menghilangkan alergen yang paling sering menyebabkan penyakit seperti pollen, tungau, debu dan kotoran lainnya.

5. Gunakan Dehumidifier

Selain AC, ada baiknya Anda juga menggunakan dehumidifier di dalam ruangan kantor untuk menjaga suhu di dalam kantor tetap sejuk sehingga alergen seperti tungau, jamur dan lumut enggan tinggal di kantor Anda.

Dengan kualitas udara yang tetap terjaga, risiko karyawan Anda sakit pun akan jauh berkurang. Jadi, jangan pernah mengabaikan kualitas udara di dalam ruangan kantor jika Anda peduli terhadap produktivitas perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *